Kereta Api Penumpang
Kereta Api Barang
Kereta Inspeksi
Pengertian
Kereta Api merupakan salah satu jenis transportasi massal darat yang memiliki jalur khusus tidak seperti transportasi darat lainnya, merupakan salah satu alat transportasi tercepat setelah pesawat terbang. Walaupun gelarnya sebagai transportasi tercepat agak tergeser, tetapi masih banyak diminati oleh masyarakat banyak. Selain biaya relatif terjangkau, transportasi darat ini tergolong dinilai praktis, dan ekonomis dalam menjawab semua kebutuhan manusia untuk mobilisasi angkutan baik penumpang maupun barang. Transportasi ini terdiri dari beberapa rangkaian kereta/mobil yang kemudian ditarik atau didorong oleh sumber tenaga penggerak yang dinamakan lokomotif atau terdiri dari beberapa rangkaian yang bisa bergerak sendiri, sebut saja Kereta Rel Listrik atau Kereta Rel Diesel. Nama jalur untuk transportasi ini adalah rel, transportasi ini dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama Kereta Api, "Kereta" yang berarti rangkaian beberapa rangkaian dan "Api" merupakan lokomotif uap pada saat itu.Sejarah
Model awal kereta, ditarik oleh lokomotif jenis pedati (sumber: gudang-sejarah.blogspot.com)Awal mula transportasi ini tidak lepas dari penemuan transportasi darat lainnya dimulai sejak penemuan roda, hingga berkembang menjadi kereta kuda terdiri atas beberapa rangkaian yang berjalan diatas rel. Tetapi transportasi ini pada awalnya hanya digunakan di lokasi-lokasi penambangan yang kemudian diberi nama Lori. Zaman terus berkembang, setelah ditemukanya mesin uap modern oleh insinyur Britania Raya (Inggris) yaitu James Watt pada tahun 1769 yang merupakan penyempurnaan mesin uap generasi sebelumnya, lalu terjadi lagi pengembangan mesin uap menjadi kendaraan roda tiga oleh Nicolas Cougnot di Prancis, kemudian kendaraan itu populer dengan sebutan Kuda Besi. Hingga akhirnya, sekitar tahun 1804 di Inggris ditemukan lokomotif uap penarik kereta oleh Richard Trevithicklokomotif uap Richard TrevithickPenyempurnaan lokomotif uap masih terus dilakukan, diantaranya insinyur Inggris bernama George Stephenson. Salah satu produksinya adalah lokomotif uap tipe Rocket dan berhasil membangun jalur rel dari Liverpool-Manchester (64 km), sejak itulah kereta api berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia.George StephensonLokomotif Uap Rocket hasil rancangan George (sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia)
Jenis-jenis kereta api
Kereta Api disini dibagi berdasarkan jenis tenaga penggerak (lokomotif), jenis yang bergerak diatas rel, dan jenis yang bergerak diatas tanah (surface) maupun bawah tanah (subway)
Berdasarkan Jenis Rel- Kereta Api Konvensional
yaitu jenis kereta yang biasa dijumpai, berjalan dengan dua batang rel baja diletakkan diatas bantalan kayu, besi, atau beton
Kereta Api Monorel
Kereta jenis ini berjalan diatas 1 batang rel (mono=satu), dan pemasanganya dilakukan dengan penancapan magnet sehingga dapat berjalan dengan mulus di atas rel, biasanya jenis kereta ini terdapat di kota-kota Metropolitan seperti New York, biasanya jalur kereta ini dipasang di jalur layang (fly over)
(sumber: http:ms.wikipedia.org)Berdasarkan tenaga penggerak- Kereta Api Lokomotif Uap
Kereta Wisata Uap Ambarawa (sumber: Heritage Kereta Api Indonesia)- Kereta Api Lokomotif Diesel
- Kereta Api Lokomotif/Rel Listrik
KRL Commuter Jabodetabek (sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia )Berdasarkan Tata Letak Tanah- Kereta Api Permukaan (Surface)
- Kereta Api Layang (Viaduct)
- Kereta Api Bawah Tanah (Subway)
Kereta Api Mutiara Timur sedang Langsung di Stasiun Pasuruan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar